Research

Bidang : Datamining, Textmining, CRM, Customer Churn, Networking

Tesis : Analisis Customer Churn Pada Perusahaan Penyedia Layanan Internet Menggunakan BBN

Tesis saya tersebut membahas mengenai penggunaan metode BBN pada Industri Telekomunikasi berjenis ISP yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, analisis customer churn pada ISP juga tidak pernah dilakukan sebelumnya, terlebih lagi di Indonesia. Pada tesis ini saya juga membuktikan bahwa analisis pencilan sangat mempengaruhi korelasi dan multikolinieritas, yang juga secara spesifik mempengaruhi klausal diagram yang dibuat. Diagram juga tidak dibuat hanya berdasarkan kejadian sebenarnya, tetapi dibuat juga dengan analisis-analisis yang telah saya jelaskan.

Penggunaan data pada tesis saya sangat mempengaruhi hasil dari penelitian, data yang digunakan adalah dari beberapa ISP lokal dan 1 ISP berskala Nasional, sehingga hasil dapat mewakili ISP di Indonesia. Pembatasan masalah penelitian merupakan hal penting, karena data yang digunakan adalah data real pada kurun waktu tertentu dan data yang terbaru. Preprocessing memakan waktu yang cukup lama dikarenakan data membutuhkan pengolahan data secara satu persatu, mulai dari keluhan pelanggan hingga data pembayaran.

Dapat saya simpulkan bahwa penelitian ini menggunakan beberapa jurnal sebagai acuan, sehingga state of the art penelitian dapat ditemukan dalam Tesis ini. Saran saya untuk penelitian dengan topik Customer Churn selanjutnya mungkin dapat ditambahkan ragam data dan penggunaan analisis lain yang mungkin dapat memberikan rekomendasi untuk mengurangi Churn, salah satunya dengan forecasting.

Menurut saya pribadi setelah saya lakukan penelitian terhadap ISP di Indonesia adalah tren ISP cenderung menurun, ISP corporate ataupun personal. Beberapa hal yang mengancam penyediaan bandwith adalah dari Industri Seluler, meliputi peningkatan jumlah pengguna mobile dan tren selanjutnya memang ke arah gadget pintar (smartphone, smartwatch, smartgoogle, dll). Biaya untuk penggunaan atau berlangganan pada ISP juga lebih mahal dari pada kita hanya menggunakan modem GSM / CDMA. ISP lebih cenderung kepada penyediaan jaringan dan content, bukan lagi ke arah penyediaan bandwith / koneksi Internet, seperti yang tren di era 90-an. Dekade ini adalah tren gadget dan kita harus menyadari peningkatan pengguna Internet memang terus Linier berbanding terbalik dengan pengguna Internet Service Provider. Oh iya satu lagi adalah tren ADSL dari speedy yang memang memakan pangsa pasar warnet, yang sebelumnya merupakan pelanggan dari kebanyakan ISP di Indonesia. Hal yang saya bahas pada paragraf ini dapat menjadi beberapa topik penelitian selanjutnya, tergantung dari apa yang anda ingin teliti😀 . TEsis saya telah diterbitkan pada jurnal dibawah ini :

Jurnal : SISFO Vol 4 No 5 September 2013
Analisis Customer Churn Menggunakan Bayesian Belief Network (Studi Kasus: Perusahaan Layanan Internet)
Wildan Suharso, Arif Djunaidy (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Skripsi :
Klasifikasi Dokumen Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode Rocchio
Wildan Suharso, Ahmad Ridok (Universitas Brawijaya)

Skripsi sebenarnya adalah mengaplikasikan teori yang diperoleh dari Perkuliahan pada bidang tertentu, menjadi nilai lebih jika mengarah pada penelitian. Saya menggunakan metode datamining untuk melakukan klasifikasi pada berita, hampir 1000 berita yang dikumpulkan dari sumber tertentu, baik yang sudah terklasifikasi ataupun dokumen yang menjadi data tes. Konsep klasifikasi memang demikian. Metode yang digunakan bukanlah metode baru, tetapi stemming pada bahasa Indonesia sendiri masih tergolong baru. Saya menggunakan stemming sendiri dan terbukti lebih efektif dengan menggunakan PHP dan MySQL. Metode rocchio menggunakan aturan cosin, sehingga kata (fitur) yang memiliki kerapatan dan kedekatan sudut pada kategori tertentu dikategorikan pada kategori tersebut. Hal ini disebut juga dengan Textminning atau text categorization, banyaklah istilah yang digunakan, karena memang metode yang digunakan bukan tergolong baru, tetapi pada bahasa Indonesia saat itu adalah baru (2007) terlebih lagi yang spesifik membahas mengenai stemming telah dijadikan penelitian tersendiri.

Sehingga yang saya bahas pada skripsi saya adalah mulai dari metode stemming (saya buat sendiri dan hasilnya sangat efektif), data yang digunakan adalah kurang lebih 1000 dokumen, metode yang digunakan adalah metode yang sebenarnya digunakan pada datamining dan saat saya skripsi tersebut metode tersebut tidak pernah digunakan untuk penelitian yang sejenis, terlebih lagi dalam Bahasa Indonesia tidak ada yang menggunakan. Latar belakang saya rasa cukup saat saya melakukan skripsi dikarenakan tren web di Indonesia juga masih mulai berkembang atau hangat hangatnya, yang saat ini (2014) tren web telah menjadi hal biasa, sehingga saat ini penelitian text mining juga mengarah ke web mining yang juga merupakan percabangan dari data mining.

Menurut saya tren text mining, web mining, atau data mining sendiri, pada masa depan akan lebih berguna pada bidang yang lebih spesifik, seperti forecasting, customer churn, customer segmentation, dll. Pendekatan pada permasalahan tertentu bisa menggunakan metode data mining seperti yang saya lakukan pada Tesis saya. Sehingga dapat saya simpulkan skripsi saya dan Tesis saya sangat berkorelasi dan memiliki garis merah, akademisi saat ini menyebutnya dengan Linier.

Program Skripsi saya bisa anda buka di : rocchio.bayesian-network.com (belum saya uplod😀 masih rencana)

Mengenai Tesis saya bisa anda buka di : bayesian-network.com (masih dalam pembangunan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s