Perjalanan Ke Pantai Sendiki Malang

Aku berani berkata bahwa “Pantai ini adalah pantai paling sepi dari pantai yang kutemui sebelumnya”. Pantai ini juga belum dibuka secara resmi, sehingga dapat anda bayangkan bagaimana pemandangan pantai yang jarang sekali orang berkunjung ke sana. Saya kesana dengan 4 orang, tentu saja jalan kaki karena bersepeda tidak memungkinkan. Kami juga sengaja tidak membawa apapun karena telah mengerti kondisi disana adalah bukan tempat untuk berkemah yang aman. Perjalanan ini kami lakukan tanggal 29 Januari 2014, paling tidak jika anda mau kesana dan berbeda dengan yang saya katakan berarti pantai tersebut sudah dibuka untuk umum😀 (dengan anggapan jalan telah di aspal), tapi saat saya kesana jalan utama pun belum diaspal hanya jalan sepeda motor dari tanah dan becek, tentu saja tidak datar alias bergelombang.

Tentu saja hanya bermodalkan jaket yang biasa aku pakai dan sepatu, yang merupakan modal utama anda berpergian😀, urusan makanan bisa dicari. yang penting anda mengamankan diri anda sendiri dahulu.

Pantai Sendiki

Gambar diatas adalah gambar kami berempat, yang satu yang memfoto, dan yang duduk itu adalah warga setempat yang mengantarkan kami (alias kamituwo disana). Kami memang berungtung ada yang mengantarkan kami. Tapi memang dasarnya seneng berjalan ya tidak masalah bagi kami, hehm perjalanan yang menyenangkan.

Perjalanan 2

perjalanan sendiki perjalanan sendiki

perjalanan sendiki  perjalanan sendiki

Perjalanan ke dua adalah melewati sawah sawah warga, dan kami diharuskan berjalan kaki. tidak ada jalur untuk sepeda motor ataupun mobil, harus jalan kaki. hehm sawah yang mepet dengan hutan hutan. Dan semua orang berfikir mana ada pantai di daerah seperti ini, aku juga berfikir demikian. Kalau pun ada sudah pasti jauh dari daerah sini, aroma pantai pun tidak tercium, hanya ada aroma sawah dan sapi.

perjalanan sendiki  perjalanan sendiki

Diatas saya sudah bilang kami tidak memikirkan makanan, kami mencari ketela pohon yang tumbuh di sekitar sawah dan ladang, kami minta satu pohon kepada penunggu sawah di wilayah situ. Penunggu sawah juga terdapat anjing anjing yang berukuran besar, anjing hutan hiiiiiiii. Tapi jangan kuatir anjing anjing itu ada yang punya, yang lagi sibuk dengan sawah dan ladang mereka.

Sampai di sawah sawah ini kami istirahat sebentar karena terik matahari yang lumayan panas, dan karena kami tidak membawa payung😀.

Perjalanan 3

Saya sudah merasa mau masuk hutan kalau melihat foto dibawah ini :

perjalanan 3 sendiki

Hehm memang hutan itu adalah perjalanan selanjutnya kami, hutan dan hutan. Sudah pasti kalau dilihat seperti itu kita pasti melewati bukit untuk melihat pantai. Jika anda tidak percaya silahkan lihat foto dibawah ini :

Image167 Image169 Image170

Silahkan dilihat gambar diatas, benar kan apa kata saya? pohon tinggi itu merupakan gerbang masuk ke sendiki, hehm gerbang wkekeke. Tapi memang cuma jalan itu yang dapat di lalui

Image171 Image172 Image174

Anda lihat gambar anggrek itu? itu merupakan anggrek yang ada di jalan setapak. Tidak ada yang mengambil hingga ukuran sebesar itu. Semacam anggrek bulan. Tapi akhirnya diambil teman ku juga😀.

Image176 Image177

Image181

Sepertinya dari warna cahaya dan warna tumbuhan keliatan kalau ada di dalam hutan atau sudah keluar dari hutan, coba lihat foto selanjutnya. warna daun sudah semakin terang, menunjukkan kami telah melewati bukit dan cahaya semakin terang. kami sampai sini kira kira 30 menit dari sawah tadi.

Image182 Image183

Image186

Image184 Image188 

Perjalanan dari hutan ini telah berakhir😀, dan kayu yang menumpuk atau akar pohon besar itu merupakan penanda telah sampai pada pantai yang kami inginkan.

Image190 Image191

Image192 Image193

Image194 Image195

Image196 Image197

Image198 Image199

Image200 Image201

Image202 Image204

Image205 Image207

Image208 Image209

Image210 Image211

Silahkan dinikmati foto Pantai Sendiki nya diatas, anda bisa merasakan memang pantai sendiki jarang ada yang mendatangi alias sepi ilakes. Kalau anda berjalan menyusuri pantai anda akan melihat sisi satu adalah hutan dan sisi satunya adalah pantai. Berbeda dengan pantai wisata yang telah dibuka untuk umum, yaitu sisi satu adalah pantai dan sisi satunya adalah kumpulan dari penjual makanan, jangan harap ada penjual makanan di tempat seperti ini. Kalau disurung mengungkapkan sulit banget, pantai ini terlalu indah untuk dikatakan. Tidak ada sampah, bersih, bekas ombak itu ada tidak tersapu jejak kaki, terdapat bekas aliran air, pasir putih, terdapat muara dengan air yang sangat jernih.

Image221  Image222

Image223  Image224

Image225  Image226

Silahkan lihat kembali foto foto mengenai pasir pantai sendiki diatas, hanya ada jejak saya yang merusak bekas aliran air yang ada disana. Pasir besi masih terlihat banyak, ini membuktikan pantai ini belum ditambang, masih asri ada pasir besi yang banyak berceceran. Silahkan dilihat sudut paling menyenangkan di pantai ini :

Image228  Image229

Image240  Image241  Image242

Image250  Image254

Image262  Image264

Image267  Image269

Image270  Image271

Image272  Image275

Image278  Image280

Image299  Image314

Kalau anda tidak kesana atau tidak merencakan ke pantai sendiki setelah saya menulis blog ini, menurut saya sayang sekali. Karena pantai ini begitu indah, wes pokoknya gak ada asap rokok atau sampah sama sekali. Yang anda butuhkan untuk sampai kesini adalah :

  1. Pemandu yang telah pergi ke pantai sendiki, teman yang mengenal daerah selatan
  2. Sepeda motor, atau mobil dengan konsekuensi anda berjalan sangat jauh
  3. tas rangsel dan makanan, minuman
  4. sepatu karet atau sendal karet, topi kalau perlu
  5. kalau bisa lebih dari 5 orang, atau berkelompok besar lebih baik tapi mungkin harus ijin ke kantor desa dulu.
  6. Kamera dengan resolusi yang baik, anda tidak akan melewatkan pemandangan seperti diatas
  7. Kemauan

nb :

  • perjalanan 1 tidak saya tuliskan karena tidak sempat memfotonya, tapi saya yakinkan perjalanan 1 juga sangat menarik dengan track yang sangat cadas dan berlumpur untuk sepeda motor normal.
  • Foto juga tidak saya masukkan seluruhnya, tapi paling tidak sudah mewakili pesan yang ingin saya sampaikan

5 thoughts on “Perjalanan Ke Pantai Sendiki Malang

    1. unkick Post author

      kalau dulu aman aja, ijin ke pak kamituwo / pihak desa dulu. Katanya sekarang udah dibuatkan jalan soalnya aku belum liat lagi. Katanya sendiki udah dibuka. Kalau udah ke sana update sini ya gan?🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s