Pantai Gua Cina Malang Indonesia

Pada awalnya semua orang pasti berfikir kalau gua cina adalah pantai,😀, hehm tidak semua sih wkekekkeke, saya aja mungkin. Tapi ada benarnya kalau itu adalah gua, sayangnya bukan gua stalaktit dan stalakmit, hanya gua untuk pertapaan orang cina. Katanya sih jaman dulu gua itu dibuat pertapaan karena dikejar oleh penjajah. Memang saat anda datang kesana bukan guanya yang jadi obyek wisata, melainkan pantainya. Jadi istilahnya seperti salah kosakata atau salah pengertian, atau memang sengaja dibuat untuk daya tarik wisata. Kadang memang secara tidak sadar orang bilang “saya akan pergi ke gua cina”, tuh kan secara tidak sadar kita membuang nama pantainya. Yup daya tarik nama saja kayaknya.

Hasil pemandangan disana cukup menyenangkan, pemandangannya sangat bagus bagi penggemar foto. Fotograper bener gak aku menuliskannya?, itu bagus baget. Pantai juga putih, penuh karang karang, bahkan banyak sekali karang besar besar yang ada di semua bibir pantai. Kalau dipantai lain kita hanya bisa memandang sedikit karang yang berbentuk pulau dan batu besar, tapi disini kita akan melihatnya banyak sekali disepanjang pantai.

20131006_092355 20131006_091740

Tuh kan bagus sekali, coba cek diatas? masak pada gak tergiur foto disana? Tuh garis pantai yang panjang dan luas dan sedikit orang yang berada disana. sayangnya pemandangan tersebut tidak bisa kita nikmati secara langsung karena kita tidak bisa berenang, mengingat ombaknya yang sangat besar dan tekstur pantai yang penuh karang. Anda akan mengetahui sendiri kalau anda sudah disana anda pasti tidak ingin masuk didalamnya. Mungkin sih bisa cuma bermain main tapi bukan itu yang diharapkan oleh orang yang memang berniat berenang dipantai wkekekeke.

PERJALANAN

Perjalanan menuju pantai gua cina sama seperti kita menuju pulau sempu, pantai tamban, TPI, dan pantai bajul mati. Yup memang itu searah. Sangat mudah sekali bagi anda yang menggunakan kendaraan sendiri, dan saya sarankan jangan naik angkutan umum. Karena perjalanannya setelah pertigaan sempu itu adalah naik turun, tidak hanya berkelok kelok, saya sendiri yang sering berjalan jalan saja, naik kendaraan pribadi dalam hal ini mobil sangat mual, meskipun saya tidak muntah, tapi pusing sekali. Berbeda jika anda naik sepeda motor, yang anda hadapi adalah rasa kantuk bukan rasa mual. Kalau masih sampe pantai tamban dan sempu sih, memakai angkutan umum sangat menyenangkan. Tapi kalau sampai gua cina dan bajul mati itu berbeda karena ada naik turun naik turun naik turun, dan bagi saya yang membuat pusing itu ya naik turunnya bukan berkelok keloknya. Sampai lokasi membutuhkan waktu 2,5 jam dari kota malang, anggap saja dari alun alun. Kalau gak salah tulisannya 66 KM, tapi berkat belok belok dan naik turun gunung itu menjadi seperti 100 KM😀, berbeda kalau malang surabaya yang cuma 80 KM, tapi kan luruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus dan lempeng. Jadi gak bakalan pusing, tetapi ngantuk wkekekeke. Jika disuruh menilai sih perjalanan tidak menyenangkan.

TIKET dan FASILITAS

Tiket tergolong murah, karena memang tidak menawarkan banyak fasilitas. Hanya masjid, parkiran, toilet yang cukup bagus, dan view pantai yang tidak bisa dibuat berenang.

20131006_090819 20131006_090826 20131006_090945 20131006_091042

Memang tidak begitu wah fasilitasnya, hanya seperti gambar diatas. Penjual makanan pun masih jarang, yah karena emang tidak sewah di sempu, memang disempu sangat ramai, meskipun wilayah konservasi. Sebenarnya ini juga dilindungi oleh perum perhutani. Perorang cuma ditarik 5000, dan sumbangan PMI 1000, parkir 5000 mobil, sepededa 2000. Kalau mau menginap ijin dulu, ada prosedur tambahan

Gua Cina 

Jika anda penasaran gua nya seperti apa, maka dapat saya perlihatkan supaya anda yang tidak mengerti tidak kecewa dengan tampilan gua yang sebenarnya.

20131006_092637 20131006_092853 IMG-20131006-01376 20131006_092833

JIka saya jelaskan jalan ke gua juga sangat dekat, tidak terlalu sulit, malah tidak sulit. Dalam gua hanya cuma lubang saja, karena emang cuma lubang di dalam gundukan karang, itu aja sih. dalamnya cuma sekitar 5 meter persegi, gelap, gak ada apa apa. sepi sekali, yup gua jarang istilahnya itu.

View

20131006_092437 20131006_092441 20131006_092515 20131006_093848 20131006_093855 20131006_094003 20131006_094008 20131006_094019 20131006_094119 20131006_103612 20131006_103619

Bagus kan pemandangannya?😀. Jadi gak perlu kecewa dah kalau urusan view,

KESIMPULAN

Bagi saya pantai ini tidak cocok untuk camping, yah emang karena gak bisa buat mandi. Aku lebih cocok dengan pulau sempu kalau untuk camping, kalau ini memang cocok untuk foto foto aja sebentar selepas itu pulang. Apalagi bagi yang suka hikking, ini sangat tidak dianjurkan karena memang tidak ada medan untuk dilalui seperti di sempu. Anda perjalanan anda parkir dan anda langsung bisa melihat view dari pantai ini. Yah inilah pantai selatan pulau jawa, semuanya kayak gini. Tapi juga sayang kalau anda berlokasi di malang belum melihat pantai ini. ^^V

3 thoughts on “Pantai Gua Cina Malang Indonesia

Leave a Reply

