Bintang Kecil

Di Indonesia sudah menjadi tradisi jika anak TK atau playgroup diajari lagu yang berjudul “bintang kecil”, hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang mendarah daging sehingga tidak hanya tradisi melainkan hal biasa, hal yang tak sadar dilakukan. Saya saat kecil juga diajari lagu ini oleh guru saya hingga saya menginjak SD kelas 1 dan tentunya diajari pula menggambar gunung, matahari, sawah, ladang, dan pak Tani.

Apakah anda tau pencipta lagu bintang kecil?πŸ˜€ saya sebenarnya juga rada lupa. Pencipta lagu bintang kecil adalah seseorang yang mungkin anda tidak kenal, wikipedia menuliskan bahwa pencipta lagu bintang kecil adalah daljono.πŸ˜€ sungguh nama yang tidak asing di kuping orang Indonesia tapi tidak begitu dikenal.

Isi dari lagu bintang kecil dapat bermakna ganda, yaitu cita cita yang setinggi langit atau cita cita yang kecil.πŸ˜€ jadi kalau saya simpulkan 2 arti tersebut adalah sebagai berikut :

  • Cita cita setinggi langit diartikan dari lirik “bintang kecil di langit yang tinggi, amat banyak menghias angkasa”. Ini mengartikan bintang kecil di langit itu banyak sekali. “aku ingin terbang dan menari”, kalau lirik ini mengartikan bahwa kita harus mendapatkan tujuan itu mesti setinggi langit. “ketempat kau berada”, maksudnya ini ending dari kisah anda sendiri harus sesuai dengan cita cita tersebut.
  • Arti yang kedua adalah bahwa “bintang kecil di langit yang tinggi, amat banyak menghias angkasa, aku ingin terbang dan menari, jauh tinggi ke tempat kau berada”. Mengindikasikan banyak sekali distraction dalam hidup ini, tujuan tujuan kecil banyak sekali yang membuat kita lupa akan tujuan kita sebenarnya. Jadi lagu ini menjadi pengingat bahwa banyak tujuan kecil pada hidup ini, lebih baik jangan hiraukan. Lebih baik fokus dalam tujuan anda yang paling besar. Celakanya semua anak Indonesia dari kecil dinyanyikan lagu ini, sehingga karakter orang Indonesia banyak yang ragu, mutung, lupa.πŸ˜€ karena sejak kecil di bawah alam sadar kita ada istilah bintang kecil, coba jika lagunya diganti “bintang besar” mungkin banyak dari warga Indonesia yang menjadi orang besar dan berfikir besar. Di dunia psikologi hal yang saya utarakan ini dapat terjadi, istilahnya “penanaman pada bawah sadar”,πŸ˜€ by the way kita tidak harus berfikir negatif untuk lagu ini. pesan moralnya untuk definisi kedua ini adalah ” fokus pada satu tujuan ” itu saja lebih baik dari pada anda berfikir macam macam, lebih bijaklah seperti itu.

Dua itu saja sih yang menurut saya dapat mendefinisikan lagu bintang kecil, yang pada waktu kecil digabung dengan lagu marilah pulang wkekekek, jadi ingat. Memang ini bukan cocotnya mario teguh, tetapi bagi saya ini dapat menjadi pembelajaran dan pengingat

Satu contoh kasusnya

Anda pasti merasa dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, misalnya anda seorang musisi, pengusaha, pekerja, dan pengajar. Dan anda merasa pasti bisa mengerjakan hal tersebut pada hidup anda, karena anda merasa waktu anda sudah pasti hanya untuk beberapa pekerjaan itu. Tapi setelah itu pasti anda pernah merasa bahwa salah satu pekerjaan terbelengkalai atau tidak dilakukan dengan baik?

Contoh sederhana lagi, anda ingin melihat film di TV, tetapi anda ada pekerjaan rumah. Akhirnya anda kerjakan dengan menonton TV plus mengerjakan tugas rumah. Belum lagi kalo ada makanan ringan dan teman mengobrol. Lalu pada akhir hari anda pasti mengantuk dan tidak mengerjakan PR tadi dengan baik, akhirnya besok pagi tidak fit untuk berangkat ke sekolah. Anda pernah merasakan hal ini?

Contoh ke tiga adalah anda saat anda mengerjakan tugas didepan komputer dan anda juga mendengarkan lagu, apa yang terjadi? anda malah bernyanyi dan tugas yang anda kerjakan selesai lebih lama dari pekerjaan yang anda kerjakan tanpa mendengarkan lagu. Anda pernah bukan?

Yup 3 contoh diatas mungkin dirasakan atau tidak dirasakan pada orang lain, atau mungkin juga anda memiliki contoh yang lain? yang ingin saya katakan, “ya itulah yang saya maksud dengan bintang kecil”, Jika anda menganggap semua pekerjaan anda adalah bintang besar mungkin anda akan lebih serius membagi waktu, dan orang yang bisa mengerjakan banyak hal tersebut adalah orang yang bisa membagi waktu dengan baik, bukan superman melainkan manusia biasa yang diberi kelebihan melihat lebih jernih dari pada orang kebanyakan. Semoga saya dan orang yang membaca tulisan ini diberi kemudahan dalam segala hal. AmiiiinπŸ˜€

Terlepas itu bintang kecil atau bintang besar tak masalah anda bernyanyi lagu itu,,,, wkekeekekke saat nya anda pergi ke karaoke (zzz gak nyambung beutzz)


OK tak kasih ending yang rada bagus

“Terlepas dari sisi yang mana anda mengartikan lagu ini, pesan saya adalah marilah pergi bersama ke karaoke”πŸ˜€ wkekekeke masih blum serius nih


Ok tak kasih ending lagi yang rada rada bagus

“Terlepas dari sisi mana anda mengartikan lagu ini, pesan saya adalah mari saling mengingatkan jika anda atau teman anda memiliki target yang belum terselesaikan”


Ok tak kasih ending yang paling bagus

“ending yang terbaik adalah hasil akhir yang anda buat sendiri” ^^V just for U

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s