Mengerjakan Yang 5 dan Meninggalkan Yang 5

Ini cerita mengenai 5 dan 5 / lima dan lima / five and five (wekekeke). Sebenere ini merupakan suatu mimpi yang pernah aku mimpikan duluuuuuuuuuuuu kala, mungkin setahun atau 2 tahun lalu, dan baru saya ingat lagi hari ini pas aku sholat jumat. Pada sholat jumat tersebut khotib mengatakan ” Ada suatu jaman, dimana orang orang mengerjakan 5 dan melupakan yang 5″ dan menurut yang saya dengar ini merupakan salah satu hadist. Tapi blum saya pelajari ini hadist kuat atau lemah, soalnya pak khotib ndak menjelaskan dengan benar😀 .

Intinya mengerjakan 5 dan meninggalkan yang 5 adalah :

  1. Mengejar dunia dan melupakan akhirat
  2. Sibuk melapangkan rumah dan melupakan melapangkan kubur
  3. Sibuk dengan diri sendiri dan melupakan Allah
  4. Sangat senang dengan istri, anak dan melupakan bidadari, kenikmatan di akhirat
  5. Mengenai amalan yang mengalir

Aku sebenarnya juga sangsi tentang kotib ini, soalnya yang kutau hidup sebelum mati, muda sebelum tua, lapang sebelum sempit, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin >>>>>>

Aku juga belum tanya ke tuh kotib, maklumlah tidak di wilayah hidupku atau di kotaku atau dikampungku, jadi aku gak bisa bertanya lebih banyak, seharusnya kalau kita ceramah atau mengajarkan sesuatu paling tidak sumbernya harus dijelaskan. Supaya orang yang mendengarkan tidak salah mengartikan, atau malah gak yakin seperti aku ini.😀. Mungkin pembaca sekalian ada yang tau yang dikemukaan kotib ini sumbernya dimana?

Leave a Reply

