Data Mining dan CRM

Data mining dan CRM memiliki keterkaitan yang erat, semenjak banyak dari peneliti menggunakan data mining sebagai salah satu solusi untuk CRM, salah satunya adalah customer churn, yaitu suatu bidang dari CRM yang melakukan analisis terhadap kondisi pelanggan churn atau tidak churn, paling tidak customer churn dapat menunjukkan pelanggan mana yang memiliki potensi untuk churn dengan metode tertentu. Metode yang digunakanpun bermacam-macam, neural network, bayesian, decisiton tree, SVM, dah banyak dari peneliti menggunakan metode-metode statistik untuk menganalisa hal ini.

Data mining memiliki wilayan sendiri, begitu pula CRM memiliki topik yang dibahas tersendiri, itu pada awalnya. Tetapi hari ini data mining dan CRM sulit dibatasi, sehingga jika ada CRM maka data mining digunakan untuk mendukung analisis manajerial.Di Indonesia sendiri, tidak banyak perusahaan besar yang percaya terhadap analisa yang dilakukan oleh akademisi, berdasarkan pengalaman pribadi perusahaan tingkat nasional pun sulit untuk diminta kerja sama dengan memberikan data secara lengkap mengenai data pelanggan, sehingga perusahaan jika menerima kerja sama dengan akademisi mengenai penelitian CRM atau customer churn, hasil yang didapat tidak maksimal sehingga penelitian di Indonesia yang menyangkut data sekunder perusahaan sangat sedikit sekali mengingat sulitnya mendapatkan data yang lengkap.

Data di data mining dan CRM sangat mempengaruhi penelitian, jadi pada kedua topik bahasan ini sama-sama membutuhkan data yang bersih, jika kita bicara CRM maka kita pasti berhubungan dengan data base, jika kita bicara mengenai data base pasti kita berfikir data mining untuk menyelesaikan masalah.

Leave a comment