Proses Bukan Hanya Target

Pekerjaan yang baik sebenarnya berorientasi pada proses, menjadi kesalahan bila hari ini banyak yang melakukan hal tertentu dengan target pasti tanpa menjadwalkan proses yang baik. Salah satu contohnya adalah perusahaan-perusahaan yang ada di indonesia sekarang selalu mengharuskan target tanpa mengerti pewagai melakukan proses. Orang tua menginginkan anaknya menjadi juara 1, tetapi mereka tidak mengerti bagaimana anak mereka mendapatkan nilai itu dari mana? dengan kata lain mereka tidak mengerti proses anaknya belalajar. Ada lagi contoh, seorang guru mewajibkan siswanya untuk mendapat nilai baik, tetapi tidak mengamati siswa mencotoh saat ujian atau dengan kata lain tidak menegur.

Yang benar adalah kita harus menentukan target tetapi juga harus menjadwalkan proses. Proses yang terbaik menghasilkan hasil yang terbaik, proses tidak baik menghasilkan hasil yang buruk.

Contoh proses yang buruk adalah, koruptor, pencuri, penganiaya, penjambret. Mereka tidak bersalah saat mereka lahir, tetapi proses yang mereka lakukan saat kecil hingga mereka memiliki profesi itu yang salah. Tidak smua dari mereka bercita cita seburuk itu bukan? yang paling berpengaruh pada proses adalah lingkungan dan diri mereka sendiri. Bisa jadi waktu kecil mereka suka mencontoh, mengambil barang kecil tanpa pengetahuan orang lain atau orang tua. Sehingga kebiasan kecil yang mereka lakukan sejak kecil menjadi darah daging hingga mereka tua kelak.

Sebaliknya jika kita melihat seorang yang berhasil, profesor, artis, atau ustad. Mereka melakukan proses yang baik, mungkin juga proses tersebut tidak mereka sadari. Sebagai contoh belajar pada waktu kecil untuk mendapatkan nilai A, suka bernyanyi waktu kecil, suka menulis waktu kecil, atau suka belajar agama. Akhirnya proses yang mereka lakukan mendarah daging hingga tua.

Tidak menyangkal bahwa proses bisa berubah sewaktu dewasa, dikarenakan pemikiran yang juga bisa berubah. Kearah lebih baik atau sebaliknya

Inti dari keberhasilan sebuah proses adalah disiplin, yang merupakan istilah untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tepat waktu. Sehingga jika ingin memiliki proses yang baik adalah disiplin, aku telah belajar banyak hal hingga saat ini. Aku berterima kasih pada guruku, dosenku, profesorku, dan orang tua serta lingkungan ku. Semoga tulisanku ini menjadi renungan bagi anda sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s