Prioritas

Menurutku prioritas adalah sesuatu yang dianggap penting, sesuatu yang didahulukan. Semua orang pasti memiliki prioritas,,, entah itu prioritas dalam bekerja atau dalam menuntut ilmu. Prioritas juga tidak jauh dari tujuan, dapat berati tujuan hidup atau cita cita. Yang sering jadi pertanyaan adalah, sejauh mana setiap orang menentukan skala prioritas tujuan hidup atau cita cita (banyak orang menganggap cita cita bila sudah dewasa adalah kekanak kanakan, meskipun cita cita merupakan impian, dan impian adalah bagian dari kehidupan, dan orang yang tidak mempunyai impian adalah orang yang blum merasakan kehidupan)

Seringkali prioritas rancu ditengah jalan, semakin melebar dan melebar. Dan kita tidak menyadari hal tersebut karena telah terjebak dengan keseharian, dan suatu saat kita tertegun, kemudian disaat yang laen kita menyadari kita telah jauh dari prioritas. Tak jarang dilemapun terjadi, keinginan untuk mendahulukan sesuatu berbenturan dengan aktifitas kita yang laen, keinginan untuk melakukan berbenturan dengan tanggung jawab keilmuan, keinginan untuk melakukan sesuatu berbenturan dengan tanggung jawab kemasyarakatan. Entah bagaimana kita menyikapi hal tersebut?

Orang bilang “fokuslah pada prioritas!”, “Orang sukses selalu memikirkan prioritas”. Tapi menurutku orientasi yang terbaik adalah hari ini. Apa yang kita kerjakan hari ini seharusnya merupakan bagian dari skala prioritas kita masa lalu dan masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s