Adversity Quotient dan konsep Climbers – Campers – Quitters

Adversity Quotient dan konsep Climbers – Campers – Quitters

AQ merupakan kondisi seseorang untuk menerima tantangan, kondisi seseorang untuk menentukan pilihan, kemampuan seseorang menerima keadaan, bagaimana hingga sampai tujuan. Orang bilang AQ juga teman dari EQ dan IQ (hehehehehe dan QQQQ yang laen). AQ dapat dijelaskan dengan sederhana dengan hubungan Climbers Campers dan Quitters. Entah 3 hal tersebut di pandang dari sudut manapun, bisa dari waktu, tempat, posisi, ataupun keadaan.

Climber merupakan orang yang tidak pernah berhenti hingga mencapai tujuan, campers orang yang telah berhenti untuk beristirahat hingga memutuskan untuk berhenti selamanya, quitters merupakan orang yang memutuskan untuk berhenti. Hal ini berdasarkan pendapat AQ dari buku yang saya baca.

Bagiku, pengertian Climbers – Campers – Quitters tidaklah salah dan tidak pula seratus persen benar. Karena “semua orang dapat menjadi ketiga hal tersebut saat sedang menjadi salah satu dari 3 hal tersebut”. Bisa juga untuk mencapai suatu tujuan, keadaan memaksa untuk menjadi Quitter sementara atau memaksa menjadi Climber meski bukan gunung yang didaki. Kalaupun itu gunung, toh itu bukan gunung pijakan awal yang didaki. Jadi kita tidak bisa mengukur tingkat AQ seseorang secara pasti, karena selalu berubah setiap waktu. Meskipun bisa, hal itu merupakan kadar AQ pada saat dilakukan pengujian.

Menurutku AQ bukanlah Climbers, AQ bukan pula Campers dan AQ tentu bukan Quitters. Orang yang memiliki AQ yang bagus adalah orang yang dapat menentukan kapan menjadi Climber, kapan menjadi Camper, dan kapan saatnya menjadi Quitter.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s