Harga Permium dan Solar turun lagi (2 kali dalam bulan desember 2008)

Apakah tidak mungkin penurunan harga BBm (premium dan solar) hanya menguntungkan pihak tertentu saja? mengapa terjadi penurunan harga pada rentang waktu yang sangat dekat? apakah memang penurunan minyak dunia keberuntungan buat pihak tertentu?

Fakta :

1. Pada tanggal 24 mei 2008 harga premium dari 4500  rupiah perliter (minyak mentah 90 dollar AS perbarel) dinaikkan menjadi 6000 (saat minyak mentah 119 dollar AS perbarel). Tetapi keanehan muncul pada saat harga minyak mentah dunia turun menjadi 58 dollar AS perbarel (bulan november 2008), pemerintah hanya menurunkan menjadi 5500 rupiah pertanggal 1 Desember 2008 dan selanjutnya menjadi 5000 rupiah perliter pada 15 Desember. Secara logika hasil yang dicapai oleh kenaikan 10 % dan penurunan 50 % tidaklah imbang, seharusnya bila naik 10 % menghasilkan kenaikan harga premium 1000 rupiah maka penurunan sebesar 50 % menghasilkan perubahan harga premium “sekian rupiah”? (tidak masuk akal)

2. Setelah tanggal 1 Desember 2008 muncul iklan komersil di koran mengenai kebijakan pemerintah menurunkan harga (yang digaris bawahi disini adalah iklan komersil)

3. Tahun depan adalah tahun kampanye seluruh partai politik

4. Semakin langka suatu barang dan semakin banyak yang ingin memiliki suatu barang maka nilai barang tersebut akan selalu naek. Walaupun pernah terjadi sedikit penurunan, barang tersebut akan kembali ke kodratnya dengan nilai barang yang selalu naek dari waktu ke waktu.

Opini :

1. Kebanyakan masyarakat awam hanya suka dengan penurunan harga premium yang berarti berkurang kesulitan hidup

2. Apakah ahli ekonomi negara tidak memprediksi penurunan harga minyak mentah pada bulan desember? atau tidak memikirkan kemungkinan kenaikan minyak mentah pada januari 2009?

3. Apakah mungkin penurunan harga premium menguntungkan salah satu partai dalam pemilihan umum?

4. Sangat aneh menurunkan harga premium dan solar pada saat krisis saat ini, apakah lebih bijak kalo kelebihan subsidi premium diberikan ke pos yang laen yang lebih membutuhkan? dari pada penurunan lagi yang membuat perubahan harga dan aturan baru jasa transportasi. Toh juga memungkinkan bila tidak sampai setengah semester harga minyak mentah dunia melonjak naek kembali dan harga premium menyesuaikan kembali…….. dan bla bla bla buang waktu buang jam rapat buang penghitungan ulang

5. Penurunan jasa angkot yang relatif kecil dan memungkinkan penggunaan mata uang receh 100 rupiah. Sedangkan uang seratus rupiah sudah hampir jarang dipergunakan untuk pertukaran barang (malah ribet udah harga beras ndak turun malah ngantongin receh banyak, mending buat maen dingdong ajah)

Ramalan hari ini : Anda tidak cocok bekerja di air karena tidak sampai 6 bulan kedepan premium dan solar naek kembali (hehehehe)

3 thoughts on “Harga Permium dan Solar turun lagi (2 kali dalam bulan desember 2008)

  1. zoel

    oalah, kamu skrg jd pengamat perminyakan toh? weleh.. weleh…
    eh, tapi kalo harga BBM turun. harga sewa “plus-plus” turun juga ga?
    turunin dunk Oom….

    hahaha….

    ^o^

    .
    wildan : yeeeeeee suka ngamati apa wae wes, bah minyak mentah sampe minyak kayu putih. lha ya iku njoel, “plus plus” punya kamu udah ditutup apa kamu naikan hargane? hehehehhe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s