Antara Indonesia dan Turki (agama budaya)

Aku buka bersama dengan temenku yang baru pulang dari amerika, dia sudah nikah dan pasangannya merupakan warga negara turki. Banyak sebenerne cerita yang didapat seh. Pokoknya intinya meskipun agama islam di setiap tempat, tapi budaya masih sangat melekat dan sulit untuk dihilangankan.

Salah satunya adalah budaya di turki yang mewajibkan imam haruslah ada jenggot dan berkopiyah, meskipun bacaan dan agamanya tidak seberapa baek. heheheh ( kalo disini itu lebih dikenal dengan teroris). Ada lagi aneh, yaitu di turki meski habis sholat jumat langsung ke pacuan kuda adalah lumrah (iya kan jadinya impas setelah sholat langsung buat dosa). Di turki makan pake tangan kanan atao tangan kiri adalah biasa, makan di kursi sambil kaki ditaruh diangkat dikursi adalah biasa. Yang jelas di turki ndak ada yang namanya nuwun sewuuuuuuuuuuuuuuu. adanya ya NO PROBLEM BOS…. Kalo aku liat temenku ama pasangannya itu seperti koboian sama jawa ngoko ndak jadi, hasilnya ya gitu harus sabar dan penuh pengertian. smangat!

Yang jelas budaya sangat mempengaruhui tidak hanya agama saja, mending kita di indonesia yang masih ngerti unggah ungguh, wong kata temenku itu ada suku di afganistan yang menganut agama islam tapi peudofilia adalah biasa dan merupakan kebanggaan, dan masih banyak cerita laen sebenere dari temen temene di tempat kuliah, kerja dia itu. tapi kalo diceritain semua ya kapan kapan wae…..

Katae temenku, “agama ya agama pacuan kuda tetep jalan, agama ya agama budaya ya budaya !!!!!!!

[EMANG BUDAYA KEBANYAKAN NGALAHIN AGAMA]”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s