Apa benar “tanggung jawab keilmuan” ?

Sebagai warga ilkom tentu tidak asing dengan opensource atau apapun itu, dan sudah menjadi rahasia public kalo indonesia membudayakan pembajakan dengan mata terbuka. :)) . Akui aja !!!!!!

Buktinya Mahasiswa komputer banyak memakai software yang gak bebayar, malahan banyak teman yang mungkin gak bermasalah dengan hal itu. Ada juga yang udah LULUS malah udah KERJA masih enjoi dengan dengan bajakan.

HAL DIATAS MUNGKIN MERUPAKAN CONTOH MENCAMPUR ADUKKAN YANG HALAL DAN HARAM

Bangga dengan kepintaran memakai software bajakan, itu namanya OMONG KOSONG!!!

Bila Mahasiswa yang dekat dengan komputer atau lulusan komputer masih memiliki TANGGUNG JAWAB keilmuan pasti mikir kembali setelah ….. ini.

Kalo orang awam sih terserah mereka, mereka kan tidak mengambil spesifikasi jurusan komputer. mereka hanya memiliki tanggung jawab untuk mempelajari segala yang ada. Lha kalo Mahasiswa KOmputer udah lulus uda kerja masih pake barang bajakan ????????????????????// tanda tanya besar tuh.

Udah lah gak masalah kalo dipake di rumah asal gak diperjual belikan, setuju gak? hehheheh pasti setuju deh.

eh Coba review lagi. Kalo uda lulus dari ILKOM atau dapat penghasilan sendiri dari software bajakan dan menjual hasil karya dari software bajakan??? gimana? …….

**********************************************************************************************

Studi kasus : dengerin musik (bajakan), desain web dengan software (bajakan) dan menjualnya dengan harga sepantasnya, kerjain delphi (bajakan) malah dikasih tugas dosen, windows lah (yang gak bajakan hanya boleh ada di kampus = menurut license dari Microsoft), game (waduh ada gak ya ILMKOMERS yang maen warcratt tapi bayar?), membantu jasa warnet/ game online/ rental menginstalasi software (bajakan) dengan meminta bayaran sepantasnya, dll

*****************************solusi***********************************************************

1. aku lho dengerin lagu MP3 gratis downloadnya (emang mp3 gratis)

2. aku lho software nya dikasih temen (emang temenmu yg buat)

3. lho aku ngopi dari temen waktu di kampus (Ow udah beli toh dia tak kirain buat🙂 )

4. aku lho gak pake windows (kalo dot A di rumah pake apppp pa ? )

5. map nya aku download gratis (Map e dot A gratis Warcraft nya ? )

6. aku lho udah kerja dan di kantor softwarenya asli (emang bener di rumah softwarenya udah asli terus digaji untuk appp pa?)

***********************************************************************************************

Jalan tengah : Ini yang salah sistemnya, barangnya, temennya, gurunya, apa pola pikirnya ?

***********************************************************************************************

Pernyataan terakhir : sulit memang memisahkan yang halal dan yang haram. apa benar kalo lulus kita masih memiliki tanggung jawab keilmuan secara horisontal dan vertikal bila halal ama haram kita tidak tau bedanya ? Merdeka!

6 thoughts on “Apa benar “tanggung jawab keilmuan” ?

  1. elyswelt

    kayaknya di negeri kita membajak sudah menjadi budaya, sudah umum, jadi rasa malu dah ndak ada sama sekali, walau katanya beragama, juga lupa bagaimana seandainya karya kita yang dibajak ? sama seperti korupsi dll, orang tidak malu lagi melakukannya, dari yang kecil2 sampai yang trilyunan, karena terus terang banyak yang tidak takut melakukannya karena hukum di negara kita masih bisa di tawar dengan uang.

    Reply
  2. arimogi

    hmmm… yah, setidaknya kita sudah sadar akan yang salah itu salah… hehehehe… sekarang tinggal niat kita mau gimana, melanjutkan yang salah, sehingga menjadi kebiasaan dan dianggap normal atau berubah untuk berusaha menjadi jujur?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s