Kumpulan penyakit karena tidur larut malam / dini hari

Posted on Updated on

Penyakit karena sering tidak tidur malam antara laen sebagai berikut :

  • ringan : mood sering berubah, nafsu makan berkurang, cemas, depresi, kegemukan pada anak dan praremaja, kekurangan berat badan pada dewasa
  • kronis : kanker hati, kanker prostat, kanker payudara, paru paru, kelenjar getah bening, peradangan pada wanita, stres, tumor pada hewan, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), diabetes, tekanan darah.

Fakta :

  • Semua hal diatas disebabkan daya tahan tubuh menurun karena tidak sehatnya jam tidur, tidur dini hari, dan makanan yang tidak memenuhi standar gizi. Mengurangi tidur 1 jam saja tubuh memerlukan pemulihan selama 1 hari, aktifitas hingga dini hari memicu kanker karena cahaya lampu mengandung faktor penyebab kanker.

Opini dan mitos yang berkembang :

  • Orang sukses tidur dini hari, tidak tidur malam
  • Keren jika bisa nongkrong ama temen temen malam malam
  • Tidur ndak masalah pagi apa sore
  • Tidak bermasalah bila tidak melek ampe pagi di dalam rumah
  • Sekarang jamannya kalong (bangga banget bila ada yang nyebut kalong) “dasar edan”

Opiniku :

  • Tidur yang normal aja, malam tidur tapi bangun pagi memulai aktifitas (meski aku masih sering melek malam)
  • Jangan pernah bangga menjadi anak malam karena aku udah bosan – wes tau – itu dulu (maen musik di tempat hiburan malam bau rokok ama alkohol dan dikerjain secara continue, nongkrong di jalan sambil ngopi liatin kendaraan, naek sepeda motor malam malam, maen online / offline game ampe pagi ampe lupa makan ama minum, kumpul bareng temen temen di batu berangkat dari rumah jam 8 makan terus jagung ampe jam 3 pagi ama rokoan sebungkus semalem dan dilakuin setiap berapa hari sekali – mati aja wes kalo gitu, ngerjain coding ndak tidur dari malam ampe 3 malam lagi terus cerita cerita ke temen kuliah :)namanya dodol bangetz)
  • Islam tuh baek banget (sholat isya-aktifitas-tidur-sholat tahajud-tidur-sholat subuh-aktifitas)
  • Aku nulis artikel ini ampe jam 5 pagi dari jam 2 an (artikel seng ditulis belum tak diterapin sepenuhnya, hehehehehe, masih banyak dosa ama yang bikin melek).
  • Hari ini aku masih masih tidur dini hari, hanya sabtu doang karena libur. Mungkin minggu depan aku memikirkan lagi jam tidurku biar aku tak “tidur dengan mata terbuka lagi / sleep with my eyes open”, pasti kuusahakan.
  • Olah raga dan makan makanan bergizi supaya tembem / lemu.
  • On Vacation ndak masalah yang penting jaga kondisi dan tidak sering sering.

Tidur sehat :

  • anak anak dan remaja 10 sampai 11 jam sedangkan dewasa 8 jam sehari, tidur tidak lewat tengah malam, bangun lebih awal.

Rincian Sumber :

Pada anak anak adalah kegemukan,
menambah waktu tidur dimalam hari mengurangi kemungkinan 30 – 36 % apda anak dan 34 % pada anak usia remaja.
(http://www.f-buzz.com/2008/07/31/biar-anak-tidak-kegemukan-tidur-saja/)

Kerja larut malam menambah resiko kanker
karena cahaya lampu mengeluarkan melatonin yang diyakini menyebabkan kanker
(http://tubuhsehat.blogdetik.com/2008/08/15/kerja-larut-malam-sebabkan-resiko-kanker/)

Ada ungkapan orang sukses tidur dini hari. Karena benar juga, biografi orang sukses hampir selalu dituliskan di bioagrafinya dia tidak tidur hingga dini hari.
contoh : margareth thatcher, soeharto, habibie, konon hanya tidur 3 jam, pendiri google, larry page dansergey brin terus bekerja 24 jam selagi mereka mampu.
(http://heryazwan.wordpress.com/2008/06/04/begadang/#comment-1368)

Berdasarkan penelitian, Menyebabkan stres dan peradangan pada wanita
(http://rossonerri.blogspot.com/2008/09/bahaya-tidur-larut-malam.html)

Kanker prostat, kanker payudara, tumor pada hewan.
(http://tubuhsehat.blogdetik.com/2008/08/15/kerja-larut-malam-sebabkan-resiko-kanker/)

Tidur sehat menghadap ke kanan
(http://www.alislam.org/indonesia/pustaka/articles/tidur_sehat.html)

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
(http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5708)

Fakta dan mitos tidur
(http://www.boleh.com/?mn=dtnews&id=31&s=lifes)

Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT, SGPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!

Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index). Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal berarti semua OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar.

Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
2. Pola makan yang terlalu berlebihan
3. Tidak makan pagi
4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan
6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.

Sebab :
* Malam hari pukul 9 – 11 : adalah pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
* Malam hari pukul 11 – dini hari pukul 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
* Dini hari pukul 1 – 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
* Dini hari pukul 3 – 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
* Pagi pukul 5 – 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
* Pagi pukul 7 – 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 6:30. Makan pagi sebelum pukul 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untukmemproduksi darah. Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang.
(dari berbagai sumber, search word : ” jangan tidur larut malam “)

Tak doain yang baca artikel ini dapat semakin memperhatikan kesehatannya, dan moga moga makin sehat selalu.

12 thoughts on “Kumpulan penyakit karena tidur larut malam / dini hari

    infoGue said:
    October 24, 2008 at 9:17 am

    Artikel anda di

    http://penyakit.infogue.com/kumpulan_penyakit_karena_tidur_larut_malam_dini_hari

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    unkick responded:
    October 24, 2008 at 12:51 pm

    wew makasih yaaaaaaaaa, info gue udah masuk blog yang minim ini….. hehehehhe. template nya aja masih normal kayak asline. :)

    wewait said:
    October 24, 2008 at 7:43 pm

    Walah setubuh ndul, ojo sering turu larut malam / dini hari gak usah turu sisan ae….
    Tidur tidak harus 8 jam sehari, cukup 5-6 jam sehari tubuh sudah fit kembali 90 % dan usahakan jangan tidur kembali setelah bangun (karena waktu tidur tubuh melakukan perbaikan otomatis) seumpama baterai hp klo sudah 90% dicabut trus di charge kembali maka akan cepat drop. (info dari hasil tanya Om Google)

    unkick responded:
    October 24, 2008 at 10:16 pm

    wah makasih tambahane. heheheheheh. kalo tiap hari ya, akhirnya drop juga lho! heheheh.

    unkick responded:
    October 25, 2008 at 12:20 am

    hehhehe ……… ,di google no 1 dan halaman pertama untuk searching judul sejenis.

    25 oktober 2008 jam 06:00 :) hitstats nya naek tajem

    unkick responded:
    October 26, 2008 at 2:44 am

    hahahahaha, hari ini 26 oktober 2008. artikel ini nomer 1 di infogue.com dalam berita artikel kesehatan dan termasuk 10 terbaek artikel kategori penyakit, dan 10 terbaik artikel kategori kesehatan

    hehehehe, sapa yang mempopulerkan ya? :) makasih. paleng ya anak anak ilkom pake user baruuuu nih.

    saharuddin said:
    December 31, 2012 at 11:49 am

    Trims artikelnya karena sudah menyadarkan keluarga saya…………

      unkick responded:
      July 19, 2013 at 12:55 pm

      sama sama, terima kasih telah membaca tulisan ini

    Eva Juliana said:
    September 30, 2013 at 10:22 am

    gimana ya org2 yg bekerja seperti dipabrik2, yang kerjanya 2 shift, seminggu pagi, seminggu malam. .bekerja sampe pagi. minta penjelasn donk tentng ksehatn mereka?

      unkick responded:
      October 3, 2013 at 1:12 pm

      Harusnya sih satu shif (1) perhari, meskipun ada 2 shirf kalau berdasarkan pengalaman itu pun di pabrik mungkin hanya untuk tujuan tertentu atau pada saat tertentu saja. Seharusnya pabrik juga memperhatikan kesehatan pekerja shift malam, biasanya sih ada pemberian susu lebih untuk pekerja shift malam dan makanan sehat lainnya (bukan rokok loh ya :D )

      JIka pada pabrik anda tidak memperhatikan hal tersebut, saran saya gak perlu membuang tenaga untuk demo – karena saya yakin tidak semua pabrik akan menuruti hal tersebut (prinsip ekonomi). Jadi jika anda tidak memiliki uang lebih untuk membeli susu anda sendiri, saya sarankan minum air putih yang banyak. Kalau perlu bawa botol kosong jangan gelas, kalau botol anda secara tidak sadar akan mengisi dengan penuh dan secara tidak sadar meminum porsi air lebih dari biasanya jika anda menggunakan gelas. Istirahat yang cukup, jika ada waktu nap (tertidur sebentar) bisa dilakukan sambil duduk atau yang lain. meskipun istilah nap ini untuk siang, tapi saya gunakan disini untuk anda yang shift malam.

      Kesimpulannya : anda butuh kerja dan anda butuh sehat, anda sehat dan anda kerja tapi tidak semua pabrik memperhatikan kesehatan secara menyeluruh pada pegawai. Saran terbaik adalah anda harus mengerti kondisi anda lagi fit atau tidak, bukan orang lain tapi anda sendiri. Saat anda tidak fit jangan dipaksakan melakukan hal lain besok paginya, biarkan ada tertidur jika lelah karena Allah menciptakan tubuh kita untuk bisa beradaptasi dengan berbagai keadaaan. Orang di kutub utarapun bisa hidup. Dilain pihak penelitian mengenai kesehatan telah dilakukan manusia yang lain. Kita hanya belajar, berusaha, dan berharap yang terbaik. Semoga semua pekerja pabrik yang mendapat shift malam bisa memperoleh kesehatan dan jaminan yang sesuai. Amiiin.

    jokowow said:
    October 2, 2013 at 4:47 am

    met siang…

      unkick responded:
      October 3, 2013 at 1:13 pm

      siang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s